Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 27 April 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Teknik Elektro
di-posting oleh 190431100092 pada 2024-03-25 04:03:42  •  72 klik

Rancang Bangun Alat Pengaduk dan Penakar Bumbu Nasi Goreng Otomatis Barbasis Atmega 2560
Design and Construction of Barbasis Atmega 2560 Automatic Fried Rice Mixer and Seasoning Measuring Equipment

disusun oleh UBAITULLAH SAJJAD


SubyekNasi Goreng Bumbu PID Otomatis
Kata KunciNasi Goreng Bumbu PID Otomatis

[ Anotasi Abstrak ]

Indonesia ini merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai macam-macam kuliner makanan atau minuman yang terbesar di dunia. Salah satu makanan yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia sendiri yaitu Nasi Goreng. Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi setengah matang yang digoreng dan diaduk pada minyak goreng atau bisa juga menggunakan margarin. Setelah digoreng biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada dan bumbu-bumbu lainnya seperti telur, ayam, dan kerupuk. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia kebanyakan memiliki gagasan-gagasan pemikiran yang unik dan juga memiliki keterampilan yang tinggi. Seiring perkembangan zaman, banyak masyarakat Indonesia yang membuat alat pengaduk nasi goreng secara otomatis. PID (Proportional Integral Derivatif) merupakan sebuah metode kontroler yang digunakan untuk menentukan ketepatan suatu sistem instrumentasi dengan karakteristik adanya umpan balik pada sistem tersebut. Namun sistem kendali ini tidak dapat bekerja dengan baik jika pada sistem kendali ini terjadi ketidaksesuaian dan juga terjadi ketidaklinieran terhadap sistem. Alat pengaduk dan penakar bumbu otomatis ini dibuat menggunakan sensor Sensor Temperatur MLX90614 yang berguna untuk mengatur suhu wajan yang sesuai dengan setpoint. Untuk pengaduknya sendiri menggunakan Motor DC Power Window 24V. Sedangkan pada penakaran bumbu ini menggunakan Pompa DC dan Flow Meter, sehingga bisa dikendalikan secara otomatis. Pada alat ini berguna untuk pedagang kaki lima yang semula mengaduk dan menakar bumbu nasi goreng dengan cara manual, dengan adanya alat ini maka akan mempermudah dan mengurangi tenaga.


Deskripsi Lain

Indonesia is one of the countries that has the largest variety of culinary foods drinks in the world. One of the foods most popular with Indonesian people is fried rice. Fried rice is a food in the form of half-cooked rice that is fried and stirred in cooking oil you can also use margarine. After frying it is usually added with sweet soy sauce, shallots, garlic, pepper and other spices such eggs, chicken and crackers. This is because most Indonesian people have unique ideas and also have high skills. As time goes by, many Indonesians make automatic stirrers for fried rice. PID (Proportional Integral Derivative) is a controller method used to determine the accuracy of an instrumentation system with the characteristics of feedback on the system. However, this control system cannot work well if there is a mismatch and non-linearity in the system. This automatic stirrer and spice measuring tool is made using the MLX90614 Temperature Sensor which is useful for setting the temperature of the pan according to the setpoint. For the stirrer itself, it uses a 24V Power Window DC Motor. Meanwhile, the spice dosing uses a DC Pump and Flow Meter, so it can be controlled automatically. This tool is useful for street vendors who previously stirred and measured the fried rice seasonings manually, with this tool it will make things easier and reduce effort.

Kontributor: ACHMAD UBAIDILLAH, Ms, ST., MT DENI TRI LAKSONO, S.Pd., M.T
Tanggal tercipta: 2024-03-07
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543
No Koleksi: 190431100092


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Abstract.pdf - 171 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Cover.pdf - 1312 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Chapter 1.pdf - 151 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Chapter 2.pdf - 1189 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Chapter 3.pdf - 1161 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Chapter 4.pdf - 11791 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Conclusion.pdf - 149 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-References.pdf - 140 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31543-Appendices.pdf - 911 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar