Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 26 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » KP&PKL » Agribisnis
di-posting oleh imam pada 2020-08-11 14:25:18  •  342 klik

USAHATANI PADI JAJAR LEGOWO DAN PETERNAKAN AYAM KUB (KAMPUNG UNGGUL BALITBANGTAN) DI BPTP KEBUN PERCOBAAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO
disusun oleh WIDI DWI LESTARI; ANISA YUNIARTI ROSIDA; MAULI SOFI AGUSTIN; NELSI EGA SYAHFERA

SubyekUSAHA TANI PADI
PETERNAKAN AYAM
Kata KunciUSAHA TANI PADI
PETERNAKAN AYAM

[ Anotasi Abstrak ]

Indonesia merupakan negara agraris dimana sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Padi merupakan tanaman pangan utama yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Perkembangan padi di Indonesia semakin meningkat setiap tahunya. Berbagai macam cara yang dilakukan petani untuk meningkatkan produksi adalah salah satunya dengan perbedaan sistem tanam. Salah satu sistem tanam yang dikembangkan oleh BPTP mojosari adalah sistem tanam padi jajar legowo. Jajar legowo merupakan sistem tanam padi berpola dengan berselang-seling antara dua atau lebih baris tanaman dan satu baris kosong. Jarak tanam sistem jajar legowo adalah 20x40 cm. Keuntungan yang dapat diperoleh adalah pengendalian hama penyakit dan gulma akan menjadi lebih mudah, proses pemupukan lebih mudah dan efisien sehingga dapat digunakan secara optimal oleh tanaman. Dalam sistem padi jajar legowo ini juga menghasilkan jumlah produksi padi yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan sistem taman yang lain. Proses irigasi yang dilakukan dengan menggunakan sistem ini akan menjadi lebih mudah. Program unggulan yang dilakukan oleh BPTP Mojosari lainya adalah ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan). Ayam ini merupakan komoditas pangan yang memiliki nilai gizi baik. Ayam KUB memiliki sifat kuantitatif yang memberikan keuntungan gizi dan peningkatan ekonomi masyarakat. Perbedaan dengan ayam kampung biasanya adalah harga yang lebih tingi dengan jumlah peminat yang lebih tinggi serta ketahanan terhadap penyakit juga tinggi.

Kontributor: Dr. Teti Sugiarti, SP., M.SI.
Tanggal tercipta: 2020-05-04
Jenis(Tipe): Text
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-KP-170321100003
No Koleksi: 170321100003


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-KP-19494-170321100003-PKL_Anisa Yuniarti Rosida_170321100003_2020.pdf - 1488 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar