Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 20 April 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Master Thesis S-2 » S2 PSDA
di-posting oleh 200361100003 pada 2022-02-14 02:02:23  •  157 klik

KOMPARASI TINGKAT EFISIENSI PENGOLAHAN LIMBAH B3 PERALATAN BERAT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN BATUBARA X DI KABUPATEN BERAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Comparison of B3 Waste Management Efficiency Levels of Heavy Equipment at Coal Mining Company X in Berau Regency, East Kalimantan Province.

disusun oleh RIZKIYANTO ABDURRAHMAN


SubyekLimbah B3
teknologi
tingkat efisiensi
Kata KunciLimbah B3
teknologi
tingkat efisiensi

[ Anotasi Abstrak ]

Penggunaan teknologi pada pengolahan limbah B3 yang efektif dan efisien dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan, perlu adanya teknologi untuk mengurangi timbulan limbah B3 yang di timbulkan dari kegiatan peralatan berat yang digunakan dalam aktifitas pertambangan batubara. Penelitian bertujuan untuk: 1). Mengetahui teknik pengolahan limbah B3 yang efisien. 2). Mengetahui tingkat efisiensi penggunaan teknologi dalam pengolahan limbah B3. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Nopember tahun 2021. Lokasi penelitian dilakukan di salah satu perusahaan pertambangan batubara Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Adapun data primer yang diambil dan dikumpulkan antara lain identitas responden, penangananan limbah di perusahaan X, pengolahan limbah padat di TPS, dan pengolahan limbah cair di TPS. Sedangkan untuk data sekunder di dapatkan dari laporan logbook limbah dan laporan 3R limbah. Analisis data efisiensi teknis pengolahan limbah dengan menggunakan komparasi deskriptif dengan membandingkan aktifitas actual yang dilakukan responden dengan standart perusahaan. Sedangkan untuk analisis efisiensi ekonomi pengolahan limbah di lakukan dengan menggunakan analisis B/C ratio dengan menghitung keuntungan yang di dapatkan perusahaan dari pemanfaatan limbah di bandingkan dengan biaya yang di keluarkan perusahaan dalam melakukan pengolahan limbah B3 meliputi biaya tenaga kerja serta biaya yang di keluarkan perusahaan kepada pihak ketiga. Hasil penelitian didapatkan: 1). Teknologi pengolahan limbah padat di perusahaan X di lakukan dengan menggunakan peralatan seperti mesin press, gerinda potong, pompa angin, seerta di bantu dengan penggunaan alat angkat dan angkut yang mendukung aktifitas pekerjaan. Dengan menggunakan teknologi tersebut, perusahaan X bisa mengurangi biaya yang di keluarkan ke pihak pengangkut sampai dengan 50%. 2). Tingkat efisiensi teknis perusahaan X masih di bawah angka 1 (tidak efisien) baik itu dari pengolahan limbah padat ataupun limbah cair. Hal ini di sebabkan karena beberapa pekerja tidak bekerja sesuai dengan standart teknis yang sudah di tentukan oleh perusahaan. Akan tetapi untuk efisiensi ekonomi nilainya di atas 1 (efisien) penyebabnya pemanfaatan oli bekas sebagai bahan campuran handak mempengaruhi pada jumlah penggunaan bahan bakar solar untuk campuran bahan peledak ANFO.


Deskripsi Lain

The use of technology in effective and efficient B3 waste treatment can reduce costs, it is necessary to have technology to reduce the generation of B3 waste generated from heavy equipment activities used in coal mining activities. The research aims to: 1). Knowledge of efficient B3 waste treatment techniques. 2). Knowing the level of efficiency in the use of technology in the treatment of B3 waste. The time of the study was carried out from June to November 2021. The research location was carried out in one of the coal mining companies in Berau Regency, East Kalimantan Province. The primary data taken and collected included the identity of the respondents, waste management at company X, solid waste treatment at TPS, and liquid waste treatment at TPS. Meanwhile, secondary data is obtained from waste logbook reports and waste 3R reports. Analysis of the technical efficiency of waste processing data using descriptive comparisons by comparing the actual activities carried out by respondents with company standards. Meanwhile, the analysis of the economic efficiency of waste treatment is carried out using a B/C ratio analysis by calculating the profits that the company gets from the use of waste compared to the costs incurred by the company in processing B3 waste including labor costs and costs incurred by the company to the company. third party. The results obtained: 1). Solid waste processing technology at company X is carried out using equipment such press machines, cutting grinders, air pumps, and is assisted by the use of lifting and transport equipment that supports work activities. By using this technology, company X can reduce the costs incurred to the carrier by up to 50%. 2). The level of technical efficiency of company X is still below the number 1 (inefficient) whether it is from processing solid waste liquid waste. This is because some workers do not work according to the technical standards that have been determined by the company. However, for economic efficiency the value is above 1 (efficient) because the use of used oil an explosive mixture affects the amount of diesel fuel used for ANFO explosive mixtures.

Kontributor: Dr. Ir. Eko Murninyanto, M.P; Dr. Ir. Slamet Subari, M.Si.
Tanggal tercipta: 2022-01-18
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Thesis-23182
No Koleksi: 200361100003


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_Ringkasan.pdf - 185 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_cover.pdf - 467 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_BAB 1.pdf - 126 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_BAB 2.pdf - 335 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_BAB 3.pdf - 191 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_BAB 4.pdf - 627 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_BAB 5.pdf - 182 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_Rev3 - Daftar pustaka.pdf - 387 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Thesis-23182-21_Tesis_Rizki_Lampiran.pdf - 229 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar