Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Kamis , 02 May 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Ekonomi Syariah
di-posting oleh 180721100097 pada 2022-06-23 11:06:11  •  170 klik

ANALISIS KETAHANAN DAN EKSISTENSI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DALAM PERSPEKTIF TEORI EMPAT MODALITAS (EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DAN SIMBOLIK) (Studi Kasus: KSPPS Nuri Jawa Timur Cabang Socah)
ANALYSIS OF RESILIENCE AND EXISTENCE OF SHARIA FINANCIAL INSTITUTIONS IN THE PERSPECTIVE OF FOUR CAPITAL THEORIES (ECONOMIC, SOCIAL, CULTURAL AND SYMBOLIC) (Case Study: KSPPS Nuri Jawa Timur Unit Socah)

disusun oleh SITI ENIYATUL UYUN


SubyekKata Kunci: Ketahanan
Eksistensi dan Empat Modalitas.
Kata KunciKata Kunci: Ketahanan
Eksistensi dan Empat Modalitas.

[ Anotasi Abstrak ]

Menurut data dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bangkalan, menunjukkan jumlah penduduk Muslim pada tahun 2018 sebanyak 1,068,552 jiwa dari total jumlah penduduk sebanyak 1,070,617 jiwa. Besarnya populasi penduduk Muslim di Jawa Timur khususnya di Bangkalan menjadi salah satu indikasi pemenuhan kebutuhan masyrakat yang berlandaskan pada prinsip Islam termasuk akses layanan keuangan syariah. Salah satunya adalah Lembaga Keuangan Islam. Dimana Lembaga keuangan Islam adalah sebuah lembaga keuangan yang prinsip operasionalnya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah, dan dalam praktiknya terhindar dari praktik-praktik yang dilarang agama Islam seperti riba, gharar, maisir dan praktik yang dilarang lainnya. KSPPS NURI Jawa Timur Cabang Socah adalah salah satu lembaga keuangan islam yang mampu mempertahankan ketahanan dan eksistensi lembaganya dengan memaksimalkan empat modalitas yang dimiliki (Ekonomi, Budaya, Sosial dan Simbolik). Tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana KSPPS NURI Jawa Timur Cabang Socah mempertahankan ketahanan dan eksistensinya dengan keempat modalitas yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, menggunakan pendekatan kualitatif, Objek penelitian adalah KSPPS NURI Jawa Timur Cabang Socah dan Perwakilan dari nasabah yang berasal dari kalangan alumni Pondok Pesantren Banyuanyar dan bukan alumni. Dengan teknik pengumpulan Data Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.rn Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan keempat modalitas yang dimiliki oleh KSPPS NURI Jawa Timur Cabang Socah mampu mempertahankan ketahanan dan eksistensinya dalam modal ekonomi koperasi tersebut memiliki berbagai bentuk modal seperti bangunan kantor, inventaris dan fasilitas operasional yang memadai, selain itu juga memiliki modal penyertaan dan SPSW (Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib) dari nasabah, dalam modal budaya koperasi tersebut juga menerapkan budaya santri, budaya organisasi yang posistif, inovatif dan mampu bersaing, dari segi modal sosial Nuri Cabang Socah juga memiliki jaringan alumni yang luas dan kepercayaan dari masyarakat dan para nasabahnya hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya nasabah dalan kurun waktu 2 tahun KSPPS NURI Jawa Timur Cabang telah memiliki kurang lebih 825 nasabah yang berasal dari kalangan alumni dan non alumni. Dan yang terakhir modal simbolik yang dimiliki berupa symbol pesantren, para kiyai dan symbol tokoh alumni yang berpengaruh sehingga dengan keempat modal tersebut KSPPS NURI Jawa Timur Cabang Socah mapu mempertahankan ketahanan dan eksistensinya.


Deskripsi Lain

According to the data of the Population and Civil Registry Office of Bangkalan Regency, it shows that the number of Muslim population in 2018 was 1,068,552 people out of a total population of 1,070,617 people. The large population of Muslims in East Java, especially in Bangkalan, is one indication of meeting the needs of the community based on Islamic principles including access to Islamic financial services. An Islamic financial institution is a financial institution whose operational principles are based on sharia principles, and in practice avoid practices that are prohibited by Islam such riba, gharar, maisir and other prohibited practices. KSPPS NURI East Java Socah Branch is one of the Islamic financial institutions that is able to maintain the resilience and existence of its institutions by maximizing the four modalities they have (Economic, Cultural, Social and Symbolic). The aim of this study is to find out how KSPPS NURI East Java Unit Socah maintains its resilience and existence with the four modalities owned. This research uses field research, using a qualitative approach. The object of the research is KSPPS NURI East Java Unit Socah and Representatives from customers who come from among alumni of Pondok Pesantren Banyuanyar and not alumni. With interview data collection techniques, observations and documentation.rnThe results of this study showed that the four modalities owned by KSPPS NURI East Java Unit Socah was able to maintain its resilience and existence in the economic capital of the cooperative has various forms of capital such office buildings, inventory and adequate operational facilities, in addition to participation capital and SPSW (Compulsory Deposits and Deposits) from customers. In the cultural capital of the cooperative also applies culture of santri, organizational culture that is positive, innovative and able to compete, in terms of social capital Nuri Unit Socah also has a wide alumni network and trust from the community and its customers this is evidenced by the number of customers within 2 years KSPPS NURI East Java Branch has had approximately 825 customers who come from alumni and non-alumni. the last symbolic capital owned in the form of pesantren symbols, kiyai and symbols of influential alumni figures so that with the four capitals KSPPS NURI East Java Branch Socah mapu maintains its resilience and existence.

Kontributor: Dr. Abdur Rohman, S.ag., M.E.I
Tanggal tercipta: 2022-05-27
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715
No Koleksi: 180721100097


Ketentuan (Rights) :
2022

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Abstract.pdf - 289 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Cover.pdf - 1359 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Chapter1.pdf - 588 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Chapter2.pdf - 325 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Chapter3.pdf - 314 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Chapter4.pdf - 743 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Conclusion.pdf - 182 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-References.pdf - 303 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-23715-Appendices.pdf - 1293 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar