Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 27 April 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Manajemen Sumberdaya Perairan
di-posting oleh 200351100003 pada 2024-03-22 08:03:37  •  53 klik

Status Pemanfaatan Ikan Bawal Hitam (Parastromateus niger) Hasil Tangkapan Dari Purse Seine Yang Didaratkan Di Pelabuhan Pasongsongan
Utilization status of black pomfret (Parastromateus niger) caught from purse seine landed at Pasongsongan Port

disusun oleh RIZKY YULI ANDINI


SubyekIkan Bawal Hitam
Pasongsongan
Schaefer
Status Pemanfaatan
Sumenep
Kata KunciIkan Bawal Hitam
Pasongsongan
Schaefer
Status Pemanfaatan
Sumenep

[ Anotasi Abstrak ]

Ikan bawal hitam sering disebut sebagai ikan pelagis yang sangat banyak ditemukan di perairan Indonesia khususnya di perairan Madura dan ikan bawal hitam ini banyak di daratkan di pelabuhan di Indonesia salah satunya di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pasongsongan, Sumenep, Jawa Timur. Hasil tangkapan ikan bawal hitam di pelabuhan Pasongsongan termasuk ke dalam hasil tangkapan sampingan (by catch) dan termasuk hasil tangkapan yang memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dibandingkan ikan-ikan lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut di khawatirkan dapat terjadinya penangkapan secara berlebihan (overfishing). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status pemanfaatan ikan bawal hitam yang di daratkan di pelabuhan Pasongsongan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober hingga Desember 2023 di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pasongsongan. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan yaitu mengukur panjang dan berat ikan bawal hitam yang tertangkap di pelabuhan Pasongsongan. Data sekunder yang digunakan yaitu data statistik hasil tangkapan perikanan ikan bawal hitam selama 7 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Schaefer dengan menggunakan analisis regresi dan anova. Berdasarkan perhitungan model Schaefer diperoleh nilai rata-rata hasil tingkat pemanfaatan 68% dengan status pemanfaatan Under exploited.


Deskripsi Lain

Black pomfret is often referred to a pelagic fish that is very much found in Indonesian waters, especially in Madura waters and this black pomfret is widely landed in ports in Indonesia, one of which is at the Pasongsongan Coastal Fishing Port (PPP), Sumenep, East Java. The catch of black pomfret at Pasongsongan port is included in the bycatch and includes catches that have very high economic value compared to other fish. In this regard, it is feared that overfishing can occur. Therefore, the purpose of this study is to determine the status of utilization of black pomfret landed at Pasongsongan port. Data collection will be carried out from October to December 2023 at the Pasongsongan Coastal Fishing Port (PPP). The data collected is in the form of primary and secondary data. The primary data used was measuring the length and weight of black pomfret caught at Pasongsongan port. The secondary data used is statistical data on the catch of black pomfret fisheries for 7 years. This study used the Schaefer method using regression and anova analysis. Based on the calculation of the Schaefer model, an average value of utilization rate results of 68% was obtained with Under exploited utilization status.

Kontributor: Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, M. Sc
Tanggal tercipta: 2024-03-18
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540
No Koleksi: 200351100003


Ketentuan (Rights) :
2024

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-ABSTRACT.pdf - 213 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-COVER.pdf - 1625 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-CHAPTER 1.pdf - 217 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-CHAPTER 2.pdf - 271 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-CHAPTER 3.pdf - 581 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-CHAPTER 4.pdf - 399 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-CONCLUSION.pdf - 313 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-REFERENCES.pdf - 412 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31540-APPENDICES.pdf - 633 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar