Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Ilmu Komunikasi
di-posting oleh pada 2013-08-30 01:31:06  •  1255 klik

representasi toleransi beragama dalam keluarga (analisis semiotika charles sanders pierce pada film "tanda tanya")
the tolerance of conscience representation in family (semiotic charles snders pierce analysis toward "tanda tanya"

disusun oleh ROHMAH SUCI HANDAYANI


Subyekpenelitian kualitatif deskriptif mengenai toleransi beragama dalam keluarga pada film tanda tanya
Kata KunciRepresentasi
Movie "Tanda Tanya" Toleransi Beragama Dalam Keluarga
Semiotika Charles Sanders Pierce

[ Anotasi Abstrak ]

toleransi dalam keluarga yang berbeda agama yang diangkat dalam film tanda tanya mencangkup berbagai macam aspek kehidupan di sekitar kita sehingga sangat kontroversi, seperti kerukunan umat beragama didalam keluarga maupun lingkungan masyarakat, saling menghargai umat beragama, memberikan kebebasan beragama dan kebiasaan yang bertentangan dengan pendiriannya. hal ini menjadi salah satu yang menarik untuk dijadikan objek penelitian representasi toleransi beragama dalam keluarga. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi toleransi beragama dalam keluarga pada film tanda tanya. peneliti ini menggunakan teori semiotika charles sander pierce yang membelah simbol melalui segi tiga makna yaitu representament, object, interpretant. dan makna diperoleh secara detail setelah di klasifikasi berdasarkan jenis objeknya yaitu ikon, index, dan simbol. metode yang di pakai adalah dengan mengelompokkan tanda pada film berdasarkan scene-scene yang berhubungan dengan representasi toleransi bergama dalam keluarga kemudian di bedah dan di analisis menggunakan semiotika charles sander pierce. hasil penelitian ini menunjukkan beberapa sikap toleransi antar umat beragama yakni toleransi beribadah, toleransi belajar agama lain, toleransi tolong menolong antar agama, toleransi makanan yang di bedakan antara makanan muslim dan non muslim.


Deskripsi Lain

tolerance in family that has different belief in "tanda tanya" movie, include several kinds of aspects in our daily life, so that, it become controversy, such as harmony of religius members in family through society, respect each other, give religius personal freedom, and habituality which contrast whit his self. it is intersting to be an research object that present religoius tolerance between religious member. the aim of this study is to understand the tolerance of consciance representation in family in "tanda tanya" movie. this study uses a semiotic theory of chales sunder pierce which cleves the symbol through a triangle of meaning, they are representament object and interpretant. then, the detail meaning which is gained after it is classified based on the kind of objects such as index icon and symbol. tuis study shows some tolerance behaviora berween religious members, yhey ane praying tolerance, learning other religioun, help each other religion, religious party and forbiden or alowed food like pig and not

Kontributor: Sri Wahyuningsih, S.Sos.,M.Si ; Dewi Quraisyin, S.Pd.I.,M.Si
Tanggal tercipta: 2013-07-18
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919
No Koleksi: 090531100020


Ketentuan (Rights) :
2013

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-ABSTRAK - 128 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-COVER.pdf - 55 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 1.pdf - 123 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 2.pdf - 178 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 3.pdf - 352 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 4.pdf - 211 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 5.pdf - 661 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-B 6.pdf - 53 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4919-Daftar Pustaka.pdf - 154 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar