Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Ilmu Komunikasi
di-posting oleh 090531100060 pada 2013-08-30 08:12:53  •  1439 klik

REPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM "7 HATI 7 CINTA 7 WANITA"
REPRESENTASI FEMINISM IN FILM " 7 HEART 7 LOVE 7 WOMAN"

disusun oleh ALFAN NIZAR ZULMI


SubyekREPRESENTASI FEMINISME DALAM FILM "7 HATI 7 CINTA 7 WANITA"
Kata Kunci Representasi
Feminisme Liberal
Semiotika
Tokoh Dr. Kartini
Film “
7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”
.

[ Anotasi Abstrak ]

Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita merupakan film yang di sutradari oleh Robby Ertanto Soediskam dan diproduksi pada tahun 2010 oleh Anak Negeri Film. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana feminisme di representasikan pada tokoh Dr. Kartini dalam film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Penelitian ini menggunakan dua teori sebagai pisau analisis. Pertama, Semiotika Charles Sanders Pierce yang membedah tanda melalui segitiga makna (triangle meaning) yaitu representament, object, interpretant. Dan makna diperoleh secara detail setelah diklasifikasikan berdasarkan jenis objektnya yaitu ikon, indeks, simbol. Kedua, dengan menggunakan teori feminisme liberal. Metode yang dipakai adalah dengan mengelompokkan tanda berdasarkan scene-scene yang berhubungan dengan feminisme liberal melalui tokoh Dr. Kartini, kemudian dibedah menggunakan Semiotika Charless Sanders Pierce dan selanjutnya dianalisis dengan teori feminisme liberal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, tanda-tanda yang muncul merepresentasikan sosok perempuan yang memiliki ciri-ciri : pertama, tokoh Dr. Kartini berani keluar dari wilayah domestik nya dan bersuara di wilayah public melalui keberhasilanya menjadi seorang dokter. Kedua, Dr. Kartini mampu menentukan otonomi pada dirinya sendiri, tampa memerlukan pertimbangan dari kaum laki-laki. Sementara itu untuk yang ketiga dalam kehidupan asmara, Dr. Kartini tidak lagi berposisi menjadi subjek, namun telah menjadi obyek. Dan yang terakhir, Dr. Kartini juga masih menghendaki adanya sebuah hubungan yang terikat dengan kaum laki-laki melalui jalan pernikahan. Dari ciri-ciri yang telah di sebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa Dr. Kartini masuk pada kategori sebagai perempuan yang di idolakan oleh gerakan feminisme liberal. Kata Kunci : Representasi, Feminisme Liberal, Semiotika, Tokoh Dr. Kartini, Film “7 Hati 7 Cinta 7 Wanita”.


Deskripsi Lain

Movie 7 Heart 7 Love 7 Woman represent movie which in stage manager by Robby Ertanto Soediskam and produced in the year 2010 by Child Country Film. Intention of this research is to know how feminism in representasikan at figure of Dr. Kartini in film 7 Liver 7 Love 7 Woman. This Research use two theory as analysis knife. First, Semiotika Charles Sanders Pierce which operating on sign through trilaterally of meaning triangle meaning that is representament, object, interpretant. And meaning obtained in detail after classified pursuant to its type of him that is ikon, index, symbol. Second, by using liberal feminism theory. Method weared is by grouping sign pursuant to scene-scene related to liberal feminism through figure of Dr. Kartini, is later then cut open to use Semiotika Charless Sanders Pierce and is herein after analysed with liberal feminism theory. Conclusion of this research is, marking which emerge woman button hole represent owning marking : first, figure of Dr. Kartini dare to go out from domestic region of him and voice in]region of public through it shis become a doctor. Both, Dr. Kartini can determine autonomy at their self, whitout need consideration of menfolk. Meanwhile for the things third in life of love, Dr. Kartini Position shall no longger become subjek, but have come to obyek. And is last, Dr. Kartini also still want the existence of a tied relation with menfolk through nuptials road;street. Of marking which have in mentioning above, can be concluded that Dr. Kartini enter at category as woman which in idol by liberal feminism movement. Keyword : Representasi, Liberal Feminism, Semiotika, Figure of Dr. Kartini, Film " 7 Heart 7 Love 7 Woman".

Kontributor: BAMBANG MOERTIJOSO,S.SOS,M.SI ; SRI WAHYUNINGSIH,S.SOS.M.SI
Tanggal tercipta: 2013-08-11
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924
No Koleksi: 090531100060


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-Abstrak.pdf - 151 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-Abstrak Inggris.pdf - 9 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB I.pdf - 176 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB II.pdf - 357 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB III.pdf - 809 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB IV.pdf - 345 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB V.pdf - 708 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-4924-BAB VI.pdf - 139 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...

     Tidak ada !



 Kembali ke Daftar