Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Industri
di-posting oleh 100421100018 pada 2014-08-16 13:06:32  •  452 klik

Rancang Ulang Kaleles Karapan Sapi Yang Ergonomis Untuk Meningkatkan Keselamatan Joki
ergonomic redesign kaleles of karapan sapi for improve joki safety

disusun oleh YUYUN WIDYAWATI


Subyekkaleles
joki Karapan sapi kabupaten bangkalan
ergonomi
FMEA
biomekanika
nordicbody map
redesain
Kata KunciFMEA
Karapan sapi
Kaleles
redesain
Biomekanika

[ Anotasi Abstrak ]

Indonesia merupakan Negara yang kaya terhadap budaya salah satunya adalah karapan sapi kesenian pulau Madura. Pengkajian karapan sapi tidak hanya dalam kebudayaan, namun juga kepada kajian teknik salah satunya dari sudut pandang ergonomi. Karena pentingnya perhatian pada karapan sapi dan yang berkaitan dengan ergonomi maka pada penelitian ini objek yang diteliti adalah kaleles karapan sapi dengan metode penelitian menggunakan analisa biomekanika kerja, Kuesioner Nordic Body Map dan Failure mode and effect analysis (FMEA). Hasil pembahasan diketahui bahwa joki mengalami keluhan otot pada bagian tangan, punggung, betis dan kaki, dengan analisa biomekanika di ketahui bahwa momen terbesar di derita oleh bagian kaki untuk posisi start , dan run sedangkan untuk posisi final momen terbesar adalah pada punggung dan paha. Dari hasil analisa FMEA diketahui bahwa keselamatan Joki perlu ditingkatkan dengan melakukan perbaikan pada desain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perbaikan kaleles dilakukan dengan mengkombinasikan hasil analisa Nordic body map ,biomekanika , FMEA serta mekanika teknik sehingga tercipta desain yang mampu meningkatkan keselamatan joki.


Deskripsi Lain

Indonesia is a country rich with culture one of them is bull race. Research of bull race not only in culture, but also to the study of one of these techniques from the standpoint of ergonomics. The importance of attention on bull race related to ergonomics in this study examined object is kaleles of bull race with methods of research use biomekanic analysis work, Questionnaire Nordic Body Map and Failure mode and effects analysis (FMEA). Results of this discussion Note that the joki suffered muscle complaints in the hands, hips, legs and feet, with analysis biomekanic in the know that the greatest moment in agony by the leg to the start position, and run when the greatest moment for the final position is on the hips and thighs. From the FMEA analys known that safety Joki should be increased through improvements to the design. The conclusion of the research is done by combining refinement kaleles analysis result Nordic body map, biomekanika, FMEA and mechanics techniques so as to create designs that , biomekanika, FMEA and mechanics techniques so as to create designs that enhance the safety of the joki

Kontributor: nachnul ansori ST,.MT;M.Imron mustajib ST,.MT
Tanggal tercipta: 2014-07-01
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778
No Koleksi: 100421100018


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Abstrak.pdf - 162 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Cover.pdf - 245 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Chapter_1.pdf - 183 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Chapter_2.pdf - 918 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Chapter_3.pdf - 154 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Chapter_4.pdf - 2095 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Chapter_5.pdf - 86 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-References.pdf - 86 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5778-Appendices.pdf - 1104 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar