Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Informatika
di-posting oleh 100411100067 pada 2014-08-19 19:58:25  •  460 klik

Kontrol Ultrasonic Rangefinder dan Pergerakan Robot Pemadam Api Menggunakan Fuzzy Logic
Ultrasonic Rangefinder Control and Movement of Fire Fighting Robot Using Fuzzy Logic

disusun oleh MOHAMMAD WASIL


SubyekSensor Ultrasonic
Kontroller Fuzzy
Robot Pemadam Api
Kata Kuncisensor ultrasonic
kontroller fuzzy
robot pemadam api

[ Anotasi Abstrak ]

Robot merupakan salah satu teknologi yang diminati dalam beberapa tahun terakhir. Pemanfaatan robot yang sering kali ditemukan pada bidang industri telah banyak membantu pekerjaan manusia. Selain itu juga dikembangkan robot-robot yang dapat membantu untuk menyelesaikan misi di medan berbahaya, seperti robot penjinak bom dan robot pemadam api. Robot pemadam api merupakan robot yang mendapat perhatian dari pemerintah Indonesia dalam pengembangannya. Diadakannya Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) merupakan dukungan pemerintah terhadap mahasiswa di universitas untuk mengembangkannya. Robot pemadam api yang dirancang pada penelitian ini menggunakan sensor ultrasonic sebagai pengkur jarak, UVTron sebagai pendeteksi api, dan photodioda untuk membedakan warna lantai. Sistem pergerakan robot dalam melakukan pencarian api menggunakan metode fuzzy logic yang terdiri dari dua input dan output. Input dari kontroler fuzzy ini merupakan data dari sensor ultrasonic depan dan kanan, sedangkan outputnya merupakan kecepatan motor kanan dan kiri pada robot. Pada ujicoba terhadap kontroller fuzzy yang dilakukan di 60 kondisi berbeda, robot hanya mengalami error pada motor kanan sebesar 0,10% dan motor kiri sebesar 0,28%. Sedangkan pada pengujian robot dalam mencari dan memadamkan api, didapatkan tingkat prosentase keberhasilan sebesar 100%. Penggunaan fuzzy logic sebagai kontroller mampu membuat robot bergerak stabil, responsif, dan terhindar dari halangan dalam pergerakannya.


Deskripsi Lain

Robot is one of the technologies that are of interest in recent years. The utilization of robots that are often found in industrial areas has been helping people work. It also developed robots that can help to complete the mission in dangerous terrain, such as bomb disposal robots and robotic fire extinguisher. Fire fighting robot get the attention of the Indonesian government in development. Fire Extinguisher holding Indonesian Robot Contest (KRPAI) is government support for students at the university to development. Fire fighting robot designed this study using ultrasonic sensors as distance of direction, UVTron as fire detection, and photodiode to distinguish the color of the floor. Movement of the robot system to search the fire using fuzzy logic method consists of two inputs and outputs. The input of the fuzzy control is the data from ultrasonic front and right of sensors, and the output is a right and left motor speed on the robot. In a trial of the fuzzy controller is carried out in 60 different conditions, the robot only had an error on the right motor of 0.10% and 0.28% left motor. While the robotic testing in the search for and extinguish fire, found the percentage success rate of 100%. The use of fuzzy logic as a mobile robot controller was able to make a stable, responsive, and avoid obstacles in the movement.

Kontributor: Dr. Indah Agustien S., S.Kom., M.Kom.;Koko Joni, S.T., M.Eng.
Tanggal tercipta: 2014-08-12
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821
No Koleksi: 100411100067


Ketentuan (Rights) :
2014

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Abstract_TOC.pdf - 2788 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Chapter1.pdf - 1253 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Chapter2.pdf - 4923 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Chapter3.pdf - 5135 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Chapter4.pdf - 4378 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Chapter5.pdf - 556 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-References.pdf - 292 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Appendices.pdf - 1020 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-5821-Cover.pdf - 744 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar