Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 26 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Informatika
di-posting oleh ina_arief pada 2007-03-23 11:07:18  •  1744 klik

Perancangan dan pembuatan perangkat lunak sistem pendukung keputusan seleksi pemohon beasiswa dengan pendekatan metode analytical hierarchy prosess
disusun oleh M. Latif

SubyekPerangkat lunak
Kata Kunci

[ Anotasi Abstrak ]

Pengambilan keputusan seleksi pemohon beasiswa pada Universitas Trunojoyo merupakan kegiatan pengambilan keputusan tidak terstruktur. Dalam pengambilan keputusan tersebut terdapat banyak kriteria (multiple criteria) yang harus diperhatikan. Selain kriteria kualitatif, kriteria tersebut juga berupa kriteria kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam masalah seleksi pemohon beasiswa adalah pendekatan metode Analytical Hierarchy Process. Dalam metode ini langkah pertama adalah mendefinisikan sruktur hirarki masalah yang akan dipecahkan. Langkah kedua memberikan bobot dari setiap elemen. Setelah pembobotan selesai, langkah ketiga melakukan penghitungan kriteria yang dimiliki pemohon. Penghitungan kriteria pemohon ini dilakukan dengan cara mengalikan banyaknya sub kriteria yang dimiliki pemohon dengan bobot sub kriteria. Kemudian hasilnya dijumlahkan sesuai kriteria yang ada. Jumlah setiap kriteria tersebut dikalikan dengan persentase kriteria dari beasiswa. Hasil perkalian tersebut kemudian dijumlahkan sehingga menjadi total skor pemohon. Langkah terakhir dalam metode ini adalah mengurutkan total skor pemohon secara descending. Kemudian pemohon yang lolos adalah posisi teratas sebanyak jumlah yang disediakan oleh beasiswa. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa ini mampu melakukan seleksi pemohon beasiswa berdasarkan kriteria yang dimiliki oleh pemohon dan berdasarkan kapasitas yang disediakan pemberi beasiswa. Sistem ini juga mampu mencegah terjadinya penerimaan beasiswa ganda untuk setiap pemohon.

Tanggal tercipta: 2007-03-23
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): xii;75 hal,ilus
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): UNIJOYO-odc-Tugas Akhir-6


Sumber :
Teknik informatika Unijoyo

Relasi/Tautan:
Perangkat lunak

Cakupan (Coverage) :
Universitas Trunojoyo

Ketentuan (Rights) :
01.04.1.00124 Teknik informatika Unijoyo 2006

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. UNIJOYO-Tugas Akhir-6-Bab 1.PDF - 505 KB
 File PDF  2. UNIJOYO-Tugas Akhir-6-Bab 2.PDF - 439 KB


 Dokumen sejenis...



 Dokumen yang bertautan...

     Tidak ada !



 Kembali ke Daftar