Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Psikologi
di-posting oleh 090541100025 pada 2015-02-11 15:36:30  •  182 klik

EMOTION FOCUSED COPING PADA REMAJA AKIBAT PERUBAHAN FUNGSI PERAN ORANGTUA (Studi Kasus di Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang)
Emotion Focused Copingin adolescents due to change in the function of the role of Parents. (Case Study in the village of Rancak Mountain, District Robatal, Sampang).

disusun oleh SLAMET ARIYADI


SubyekEmotion Focused Coping
Remaja
Perubahan Fungsi Peran.
Emotion Focused Coping
Teens
change in the function of the role
Kata KunciEmotion Focused Coping
Remaja
Perubahan Fungsi Peran.
Emotion Focused Coping
Teens
change in the function of the role

[ Anotasi Abstrak ]

Penelitian ini bertujuan Untuk mengidentifikasi strategi Emotion focused coping pada remaja akibat perubahan fungsi peran orangtua dan mengungkapkan permasalahan emosi yang muncul akibat masalah yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dimaksudkan untuk memperoleh informasi secara mendalam berdasarkan penuturan pemecahan masalah dan data-data yang ada dengan metode observasi non partisipasi dan wawancara mendalam terhadap 3 (tiga) orang subjek yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Data dianalisa dengan menggunakan teknik analisis data dan diperiksa dengan mengunakan keabsahan data yang berupa Triangulasi data atau sumber dan Triangulasi metode agar data yang diperoleh menjadi valid. Hasil temuan dari berbagai strategi Emotion Focused Coping yang diungkap di antaranya; Self Control yang digunakan subjek lebih cenderung mengatur perasaanya dan ada juga subjek yang mengendalikan diri dan menahan diri serta menahan emosi. Dari aspek Seeking Social Support subjek banyak meminta bantuan dan dukungan dari orang-orang terdekatnya untuk bisa membantu menyikapi masalah. Aspek Positive Reinterpretation subjek lebih dominan untuk lebih berpikir positif dan juga sebagian yang berpikir negatif. Aspek Denial (Avoidance) subjek ada yang melakukan suatu pengingkaran dan sebagian ada yang menerima. Aspek Acceptance subjek lebih dominan pasrah dalam menerima permasalahan yang terjadi.


Deskripsi Lain

This study aims to identify Emotion focused coping strategies in adolescents due to changes in the function of the role of parents and express emotion problems that arise due to the problems encountered. This study used a qualitative descriptive method with a case study approach that is intended to obtain in-depth information based narrative troubleshooting and existing data by the method of non-participation observation and in-depth interviews to 3 three subjects were selected based on purposive sampling. Data were analyzed by using the techniques of data analysis and data validity is checked by using the form Triangulation Triangulation of data or sources and methods in order to be valid the data obtained. The findings of Emotion Focused Coping strategies are revealed in them; Self Control is used subjects are more likely to regulate feelings and there is also subject to control and self-restraint and emotion. From the aspect of the subject lot Seeking Social Support for help and support from those closest to help address the problem. Aspects Positive reinterpretation more dominant subject to more positive thinking and also partly the negative thinking. Aspects of Denial ( Avoidance ) subject anyone doing a denial and some one receives. Acceptance subject more dominant aspect resigned to accept the problems occurred.

Kontributor: Yudho Bawono, S.Psi., M.Si
Tanggal tercipta: 2015-01-23
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397
No Koleksi: 090541100025


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-abstrak.pdf - 96 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-scan.pdf - 823 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-BAB 1 EFC.pdf - 101 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-BAB II EFC.pdf - 188 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-BAB III EFC.pdf - 36 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-BAB IV EFC.pdf - 505 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-BAB V-VI.pdf - 236 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 15 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-6397-PEDOMAN WAWANCARA L1.pdf - 169 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar