Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Industri
di-posting oleh 110421100053 pada 2015-08-13 15:33:48  •  391 klik

EVALUASI POSTUR KERJA PETANI DALAM PENGGUNAAN ALAT BANTU TANAM JAGUNG "GEJEK"DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI DAN REBA (RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT)
EVALUATION POSTURE FARMER WORKING IN THE USE OF CORN PLANTING TOOL " GEJEK " ANTRHOPOMETRY APPROACH AND REBA ( RAPID WHOLE BODY ASSESSMENT )

disusun oleh ENDIK ASMORO


SubyekALAT
TANAM JAGUNG
Antropometri
Rapid Entire Body Assessment (REBA)
ERGONOMI
Kata KunciAntropometri
Rapid Entire Body Assessment (REBA)

[ Anotasi Abstrak ]

Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi,- bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Petani dalam melakukan kegiatan menanam dengan alat tersebut harus melakukan gerakan naik turun untuk mengisikan biji tanaman pada lubang yang telah dihasilkan, kondisi kerja seperti ini memaksa petani untuk melakukan gerakan secara berulang dan berlangsung lama. alat tanam yang kurang ergonomis dalam pemakaiannya. Yang mengakibatkan terjadinya keluhan-keluhan pada petani. oleh karena itu dalam penelitian ini akan dilaksanakan untuk mengetahui postur kerja sekarang dengan dan memberikan suatu usulan perbaikan postur kerja dengan suatu fasilitas yang baru untuk .mengurangi keluhan fisik. Alat analisis yang digunakan adalah Antropometri dan Rapid Entire Body Assessment (REBA). Setelah alat bantu tanam dibuat dengan pertimbangan antropometri kemudian dilakukan peritungan sekor REBA. dilihat dari hasil skor REBA dengan bantuan software Ergointelegence dan Ms. Excel. perbandingan yang ada dari kedua alat tersebut, untuk posisi 1 dan 4 memiliki sekor 4 dan 3, 2 dan 5 sama-sama memiliki sekor 2, sedangkan pada posisi 3 dan 6 memiliki perbedaan, alat lama sekor REBAnya adalah 9 sedangkan dengan alat baru sekor REBAnya adalah 2, ini menunjukkan bahwa perancangan alat bantu tanam tersebut telah bisa mengatasi masalah dari posisi 3 yang tergolong high dan tindakannya dibutuhkan investigasi dan perubahan postur secepatnya.


Deskripsi Lain

Farmer is a person who is engaged in agriculture, mainly by way of land management with the aim to cultivate and maintain plants (such as rice, flowers, fruits, etc.), with the hope to gain from such plants for their own use or to sell to others , Farmers in planting activities with the tool must make a move up and down to fill the hole plant seeds that have been produced, such as working conditions, forcing farmers to perform repetitive movements and lasts longer. cropping tool less ergonomic in use. Which resulted in complaints to the farmer. therefore in this study will be conducted to determine the current working posture with and provide a proposed improvement work posture with a new facility for .mengurangi physical complaints. The analysis tool used is Anthropometrics and Rapid Entire Body Assessment (REBA). After cropping tools are made with consideration of anthropometric then carried peritungan REBA scores. seen from the score of REBA with the help of software Ergointelegence and Ms. Excel. No comparison of these two devices, for positions 1 and 4 had scores of 4 and 3, 2 and 5 have the same scores 2, whereas at position 3 and 6 have differences, long tool scores REBAnya is 9 whereas with new tools scores REBAnya is 2, this indicates that the design of the cropping tool has been able to overcome the problem of position 3 are relatively high and actions are needed investigation and posture changes as soon as possible.

Kontributor: IDA LUMINTU,ST.,MT.,Ph.D;NACHNUL ANSORI,ST.,MT
Tanggal tercipta: 2015-07-27
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306
No Koleksi: 110421100053


Sumber :
TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Relasi/Tautan:
PERANCANGAN ALAT

Cakupan (Coverage) :
PERANCANGAN ALAT BANTU TANAM ERGONOMI

Ketentuan (Rights) :
2015

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Abstract.pdf - 89 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Cover.pdf - 523 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Chapter1.pdf - 149 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Chapter2.pdf - 535 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Chapter3.pdf - 155 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Chapter4.pdf - 1901 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Conclusion.pdf - 151 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-References.pdf - 87 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7306-Appendices.pdf - 3500 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar