Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Jumat , 25 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » PGSD
di-posting oleh 110611100011 pada 2015-08-26 10:08:33  •  360 klik

STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK PENANAMAN NILAI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI SEKOLAH DASAR(Studi Kasus Pada Empat Sekolah di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik)
The Learning Strategy in Implanting Value on Civic Education In Elementary School (A Case Study In Four Elementary Schools In Bungah District Gresik Regency)

disusun oleh MARTA ALFIANI PUTRI


SubyekStrategi
Penanaman Nilai
PKn
Sekolah Dasar
Kata KunciPembelajaran nilai
PKn
strategi.

[ Anotasi Abstrak ]

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran nilai dalam mata pelajaran PKn, kendala dalam strategi pembelajaran nilai dalam mata pelajaran PKn, dan upaya guru dalam strategi pembelajaran nilai pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru SD di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Pengambilan Sampel dengan menggunakan metode stratified random sampling dengan teknik proportional stratified random sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran nilai dalam mata pelajaran PKn yang diperoleh yakni : konsiderasi, pembentukan rasional, klarifikasi nilai, pengembangan moral kognitif, dan nondirektif. Dari 5 strategi tersebut yang sering digunakan di sekolah dasar Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik yaitu: konsiderasi, klarifikasi nilai, dan nondirektif, (2) kendala yang dihadapi dalam strategi pembelajaran nilai ini antara lain : dari siswa, lingkungan, dan penyusunan perencanaan yang masih kurang terfokus ke pembelajaran nilai, (3) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan dalam strategi pembelajaran nilai diantaranya pemberian contoh yang relevan, melakukan evaluasi dan sharing dengan sesama guru agar menemukan solusi, dan persiapan perencanaan yang lebih terfokus pada pembelajaran nilai.


Deskripsi Lain

ABSTRACT This study aims is to reveal the value of learning strategy in civic education, difficulties in learning strategies of civics’ value, and the teachers’ efforts in learning strategies of civics’ value. By applying a qualitative research using descriptive approach, the research used elementary school teachers of Bungah district Gresik regency as the subject. The sampling methods applied were stratified random sampling technique, stratified proportional random sampling, and snowball sampling. The data were collected by observation, interview, documentation, and library research. The result shows that (1) the value of learning strategies in subjects obtained in civics were: consideration, the establishment of rational, value clarification, cognitive moral development, and non-directive. Some of these 5 strategies were frequently used in elementary schools of Bungah district Gresik regency namely: consideration, value clarification, and non-directive, (2) the constraints faced in the value of learning strategies are students, environment, plans and preparation which had the lack focus in the value learning, (3) the efforts of teachers in solving problems in granting the value of learning strategies were by providing relevant examples, evaluating and sharing with other teachers to find solutions, and more focus preparing plan on learning value. Keywords: learning value, civic education, strategy.

Kontributor: MUJTAHIDIN, S.Pd.,M.Pd; FATIMATUL MUNAWAROH, S.Si.,M.Si
Tanggal tercipta: 2015-07-07
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463
No Koleksi: 110611100011


Ketentuan (Rights) :
2015

 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-ABSTRACT.pdf - 154 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-COVER.pdf - 644 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-CHAPTER 1.pdf - 175 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-CHAPTER 2.pdf - 125 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-CHAPTER 3.pdf - 211 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-CHAPTER 4.pdf - 507 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-CHAPTER 5.pdf - 89 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-REFERENCES.pdf - 156 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7463-APPENDICES.pdf - 3823 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar