Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Sabtu , 26 October 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Informatika
di-posting oleh 100411100070 pada 2016-02-11 14:26:50  •  314 klik

SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADI DENGAN METODE BAYESIAN BERBASIS CERTAINTY FACTOR (Studi Kasus: UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kec. Laren Kab. Lamongan)
EXPERT SYSTEM PEST AND DISEASE RICE DIAGNOSIS WITH BAYESIAN METHODS BASED CERTAINTY FACTOR (Case Study: UPT Dinas Pertanian dan Kehutanan Kec. Laren Kab. Lamongan)

disusun oleh DWI PUJI RAHARJO


SubyekSistem Pakar
Diagnosa hama dan penyakit padi.
Kata KunciSistem Pakar
Hama dan Penyakit Tanaman Padi
Probabilitas Bayesian
Certainty Factor

[ Anotasi Abstrak ]

Banyak petani yang mendapatkan hasil panen kurang maksimal. Hal itu disebabkan oleh hama maupun penyakit tanaman padi. Hama dan penyakit memiliki jenis dan gejala yang berbeda. Untuk jenis hama dan penyakit diantaranya: penggerek batang, hawar daun bakteri, dan lain-lain. sedangkan gejala dari hama maupun penyakit tanaman padi antara lain: adanya ngengat kupu-kupu, anakan berkurang, daun padi berwarna kuning, dan lain-lain. Untuk mempermudah mendiagnosa jenis hama dan penyakit tanaman padi, dibutuhkan adanya sistem pakar yang cara kerjanya hampir sama dengan seorang pakar dalam bidangnya. Gejala-gejala yang terdapat pada sistem sering mengandung ketidakpastian karena fakta yang didapat di lapangan tidak sesuai dengan panduan seorang pakar. Untuk mengatasi masalah ketidakpastian tersebut, sistem pakar mengadopsi metode Certainty Factor untuk menganalisa berdasarkan gejala-gajala yang terdapat pada masalah yang terjadi. Dengan metode Certainty Factor pada sistem akan didapatkan tingkat kepastian terhadap suatu fakta yang akan menghasilkan sebuah diagnosa. Hasil dari sistem akan mampu melakukan diagnosa berdasarkan gejala-gejala yang ada meskipun terdapat gejala-gejala yang mengandung ketidakpastian. Untuk mengukur derajat kemunculan suatu hama ataupun penyakit berdasarkan gejala-gejala digunakanlah Probabilitas Bayesian.


Deskripsi Lain

There are many farmers who get harvests less than what they expected. It\'s all because of pest and the unhealthy rice. Pest and a disease of rice has different kind of indications. They are borer, blight of leaf, bacteria, and many more. And for the indications of pest and a disease of rice are; the existence of butterfly, the decreasing tillers, the leaf that becomes yellow, and many more. To make it easer to detect the pest and the diseases of rice, we need a kind of expert system that can act like the real expert. The indications of pest and diseases of rice can not be detected accurately at times because the real fact doesn\'t really match with what the expert diagnoses. And to make a deal with that problem, the expert system adopts the method of Certainly Factor to diagnose the indications of the problem that occurs. By adopting the method of Certianly Factor it will be able to detect the accuracy of diagnosis. The expert system will be able to conclude the indications even they contain non accurate facts. To calculate the accuracy of the diagnosis made by the expert system, we can use the method of Bayesian Probability.

Kontributor: Andharini Dwi Cahyani, S.Kom., M.Kom; Bain Khusnul Khotimah, S.T., M., M.Kom
Tanggal tercipta: 2016-02-10
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762
No Koleksi: 100411100070


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-ABSTRACT.pdf - 13 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-COVER.pdf - 618 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-CHAPTER 1.pdf - 35 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-CHAPTER 2.pdf - 233 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-CHAPTER 3.pdf - 213 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-CHAPTER 4.pdf - 1954 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-CHAPTER 5.pdf - 12 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-REFERENCES.pdf - 12 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-7762-APPENDICES.pdf - 1529 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar