Anda belum Log-in!
Silahkan Log in

Selamat Datang di Portal Digital Content Publisher
Senin , 06 May 2024

Perpustakaan sebagai jantung pendidikan tinggi di Indonesia, harus mampu memberi kontribusi yang berarti bagi pelaksanaan proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

TRUNOJOYO » Tugas Akhir & Skripsi » Sosiologi
di-posting oleh 190521100116 pada 2024-04-25 06:04:41  •  20 klik

Thrift Shopping sebagai Pilihan Rasional Generasi Milenial Jabodetabek di Pasar Senen Kota Jakarta
Thrift Shopping a Rational Choice of the Jabodetabek Millennial Generation in Pasar Senen Jakarta City.

disusun oleh NURDENI


Subyekthrift shopping
pilihan rasional
generasi milenial
Kata Kuncithrift shopping
pilihan rasional
generasi milenial

[ Anotasi Abstrak ]

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan generasi milenial Jabodetabek di Pasar Senen Kota Jakarta dalam memilih thrift shopping sebagai pilihan yang rasional. Thrift Shopping merupakan kegiatan berbelanja atau mencari barang-barang bekas berkualitas. Subjek dari penelitian ini adalah generasi milenial Jabodetabek yang berbelanja barang bekas di Pasar Senen Kota Jakarta. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini mencakupi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional oleh James S. Coleman, teori gaya hidup oleh Philip Kotler, dan teori gaya hidup oleh David Chaney. Metode pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa generasi milenial Jabodetabek menganggap thrift shopping sebagai lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan pakaian. Keputusan mereka dalam kegiatan thrifting didorong oleh pilihan rasional dan tujuan yang spesifik. Penelitian ini menemukan 6 (enam) tujuan generasi milenial Jabodetabek dalam memilih thrift shopping sebagai pilihan yang rasional, yaitu: Mencari barang branded, peduli terhadap isu lingkungan, untuk Outfit Of The Day (OOTD), untuk berbisnis, mencari barang klasik atau vintage, dan menghemat.


Deskripsi Lain

The purpose of this study is to determine the purpose of the Jabodetabek millennial generation in Pasar Senen, Jakarta City in choosing thrift shopping a rational choice. Thrift Shopping is an activity of shopping looking for quality used goods. The subject of this research is the Jabodetabek millennial generation who shop for used goods at Pasar Senen, Jakarta City. The type and approach of this research uses qualitative research and phenomenological approach. The data collection method uses interviews, observation, and documentation. Determination of informants in this study using purposive sampling technique. Data analysis in this study includes data reduction, data presentation and conclusion drawing. The theory used is the theory of rational choice by James S. Coleman, lifestyle theory by Philip Kotler, and lifestyle theory by David Chaney. The data checking method uses technical triangulation. The results of this study show that Jabodetabek millennials perceive thrift shopping more than just fulfilling clothing needs. Their thrifting decisions are driven by rational choices and specific goals. This research found 6 (six) goals of Jabodetabek millennials in choosing thrift shopping a rational choice, namely: Looking for branded items, caring about environmental issues, for Outfit Of The Day (OOTD), for business, looking for classic vintage items, and saving money.

Kontributor: Medhy Aginta Hidayat, S.S., M.Si., Ph.D.
Tanggal tercipta: 2024-03-22
Jenis(Tipe): Text
Bentuk(Format): pdf
Bahasa: Indonesia
Pengenal(Identifier): TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556
No Koleksi: 190521100116


 Download File Penyerta (khusus anggota terdaftar)

 File PDF  1. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Abstract.pdf - 47 KB
 File PDF  2. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Cover.pdf - 1267 KB
 File PDF  3. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Chapter1.pdf - 137 KB
 File PDF  4. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Chapter2.pdf - 229 KB
 File PDF  5. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Chapter3.pdf - 120 KB
 File PDF  6. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Chapter4.pdf - 383 KB
 File PDF  7. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Chapter5.pdf - 1677 KB
 File PDF  8. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Conclusion.pdf - 57 KB
 File PDF  9. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-References.pdf - 200 KB
 File PDF  10. TRUNOJOYO-Tugas Akhir-31556-Appendices.pdf - 419 KB


 Dokumen sejenis...

     Tidak ada !

 Dokumen yang bertautan...





 Kembali ke Daftar